Wednesday, October 19, 2016

BAB III MAKALAH TEORI PEMBELAJARAN KONSTRUKTIF


Silahkan dibaca lanjutannya :)


BAB III
PENUTUP

1. Kesimpulan 

Teori kontruktivisme adalah sebagai pembelajaran yang bersifat generatif, yaitu tindakan menciptakan sesuatu makna dari apa yang dipelajari. Salah satu teori atau pandangan yang sangat terkenal berkaitan dengan teori belajar konstruktivisme adalah teori perkembangan mental Piaget yang merupakan bagian dari teori kognitif juga. Piaget menegaskan bahwa penekanan teori kontruktivisme pada proses untuk menemukan teori atau pengetahuan yang dibangun dari realitas lapangan. Peran guru dalam pembelajaran menurut teori kontruktivisme adalah sebagai fasilitator atau moderator. Pandangan tentang anak dari kalangan konstruktivistik yang lebih mutakhir yang dikembangkan dari teori belajar kognitif Piaget menyatakan bahwa ilmu pengetahuan dibangun dalam pikiran seorang anak dengan kegiatan asimilasi dan akomodasi sesuai dengan skemata yang dimilikinya.

Berbeda dengan kontruktivisme kognitif ala Piaget, konstruktivisme sosial yang dikembangkan oleh Vigotsky adalah bahwa belajar bagi anak dilakukan dalam interaksi dengan lingkungan sosial maupun fisik. bahwa pembelajaran yang mengacu kepada teori belajar konstruktivisme lebih menfokuskan pada kesuksesan siswa dalam mengorganisasikan pengalaman mereka. Bukan kepatuhan siswa dalam refleksi atas apa yang telah diperintahkan dan dilakukan oleh guru. Teori konstruktivisme pada dasarnya menekankan pembinaan konsep yang asas sebelum konsep itu dibangunkan dan kemudiannya diaplikasikan apabila diperlukan .


DAFTAR PUSTAKA

Tonroni Muhammad, Arif Mustopa.2012.Balajar & Pembelajaran.Jogjakarta :Ar-Ruzz Media.
Budianto. 2010. Teori Belajar dan Implikasi dalam Pembelajaran, (Online), (http://edukasi.kompasiana.com/2010/05/09/teori-belajar-dan-implikasinya-dalam-pembelajarn), diakses 7 Februari 2012.

Nanang wahid. 2009. Teori Belajar Konstruktisme,(Online),(http://209.85.175.132/search?q=cache:57Ip5H61RWsJ:one.indoskripsi.com/judul-skripsi-makalah-tentang/teori-belajar-konstruktivisme +teori+belajar+bermakna&hl=id&ct=clnk&cd=6&gl=id&client=firefox-a), di akses 7 Februari 2012.

Tags : contoh makalah teori pembelajaran konstruktif, makalah teori pembelajaran, makalah ilmiah, contoh karya ilmiah, makalah teori belajar, makalah pembelajaran konstuktivisme




Sekian pembahasan yang dapat admin rangkum pada postingan kali ini. Terimakasih telah berkunjung. Semoga bermanfaat.

2 comments

Thanks atas informasinya.

#Blogwalking http://goprosehat.blogspot.co.id/


EmoticonEmoticon